Friday, November 6, 2015

Clash of Clans, Game bikin lupa waktu

Sedikit saya mau bercerita tentang pengalaman pribadi bermain game top di android dan iphone. Jelas udah tidak asing lagi game clash of clans atau sering kita sebut coc. Ketika kita membuka playstore, game dengan icon seperti hulk yang berkumis dan berambut kuning ini selalu muncul di daftar game teratas yang artinya game ini banyak di download pengguna android.
Namun, hati-hati dengan game ini, karena bisa membuat kita lupa waktu !!
Bersumber dari wikipedia, game ini di rilis pertama kali oleh supercell pada agustus 2012 dan hanya bisa di mainkan di platform iOS, sedangkan untuk android di luncurkan pertama kali di Kanada dan Finlandia pada September 2013 yang kemudian pada Oktober 2013 dapat di downlod secara Internasional di Google Play. Game ini merupakan game strategi perang melawan desa orang lain, dengan karakter-karakter unik dan punya bagian masing-masing serta hitpoint (nyawa) yang berbeda-beda .
Dalam game ini tidak hanya perang saja yang di lakuin tapi juga pembangunan desa kita agar semakin kuat, kokoh dan tak tertandingi ! Serta pasukan yang kita miliki juga harus di upgrade untuk meningkatkan hitpoint serta power secara terus menerus sampai level maximal agar tidak loyo, kropos dan mudah mati ketika di turunkan di lapangan . Game ini memang baguss dan patut di acungi 4 jempol namun hati-hati, kita bisa di perbudak dengan game ini .Kok bisa ?? Baca teruss ..

Game ini bikin lupa waktu ?
Dari pengalaman saya yang bermain clash of clans selama hampir 1 tahun, game ini bikin lupa waktu!! Ketika kita memilih untuk bermain clash of clans, secara tidak sadar maupun sadar kita di tuntut untuk membangun, memperkuat, dan terus berkembang. Jika kita hanya bermain dan tidak ada pembangunan atau upgrade baik pemain atau pertahanan maka tidak ada yang spesial di dalam game ini .Bahkan tuntutan untuk terus bermain dalam game ini hampir tidak ada habisnya. Pengalaman saya, awal bermain game ini tidak pernah absen setiap harinya, bahkan setiap pagi bangun tidur, siang waktunya kerja, dan malam waktunya tidur mengharuskan saya untuk bermain game ini. Yang dilakukan ketika membuka game ini adalah ; bikin pasukan, menyerang, cek upgrade udah selese belum, cari duit buat pembangunan selanjutnya, war dan begitu setiap hari .Bener-bener ini bukan lagi game untuk menghibur , tapi menjadi sebuah tuntutan pekerjaan yang harus di selesaikan dan tidak ada selesainya !
Namun, setelah saya pikir-pikir dan terus di pikir, game ini tidak boleh memperbudak saya. Game ini membuat waktu saya terbuang sia-sia setiap hari setiap pagi, siang dan malam sampai pagi lagi.Berjam-jam berhari-hari waktu saya yang seharusnya bisa saya gunakan untuk menulis artikel, membaca novel, membaca buku motivasi, membaca kitab-kitab atau membaca berita menjadi terbuang dan tinggal kenangan ! . Dari hasil pikiran tersebutlah saya menjual akun game yang setiap hari saya mainkan . Namun, ternyata selera untuk terus bermain game ini masih berakar, sehingga saya kembali bermain dan terus bermain dan kemudian kembali berfikir, sampai kemudian akun kedua game ini saya jual dan saya beli buku-buku untuk merubah diri agar tidak di perbudak game ini. MESKIPUN, akun ketiga siap di bangun lagi, tapi tuntutan untuk bermain game ini mulai turun. Warna warni untuk mengisi waktu luang mulai ada . Biasanya waktu luang hanya untuk bermain game ini, mulai ada warna baru dengan membeli buku-buku !! Lumayan !! .  Sekarang, main hanya untuk menghibur . Akhirnya si Builder (tukang pembangunan dalam coc) sering tidur .
Nahh, Untuk anda yang belum pernah bermain game ini, saya sarankan tidak perlu mendownload, mending main game lain ; danger dash, sonic dash, game balap atau lainnya . Karena game clash of clans ini menuntut untuk melakukan pembangunan. Bahkan saya punya temen, setiap malam pulang kerja bermain game ini samapai subuh pakai laptop . Udah nggak mikir kondisi lagi deh pokoknya kalau main game ini ! Berbahaya buat mental, berbahaya buat kondisi badan bahkan kondisi keuangan . Berikut saya cuplikkan berita orang-orang yang terjerat di game ini  .

 Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah berusia 12 tahun dilaporkan menghabiskan uang ibunya hingga 7.000 poundsterling atau sekitar Rp 135 juta hanya untuk bermain game Clash of Clans melalui perangkat genggamnya.
Kasus yang sama juga pernah menimpa seorang anak asal Ilfracombe, Inggris yang kecanduan game Xbox hingga menghabiskan hampir 3.000 poundsterling atau sekitar Rp 58 juta hanya untuk sebuah game, menggunakan kartu kredit keluarga.

TRIBUNSUMSEL.COM - Game Clash of Clans (COC) kini tengah ramai dimainkan para pengguna android. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Seorang narasumber Tribun Sumsel, Rico Hartono (29), seorang pegawai bank di Palembang rela mengeluarkan uang ratusan ribu dari kartu kreditnya untuk membeli gems. Hal ini lantaran dirinya ingin membuat perkampungannya menjadi lebih kuat.

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Dua remaja belasan tahun, MB (15) dan BG (14), kini meringkuk di Mapolsek Ciputat, Jumat (30/1/2015). Kedua anak baru gede (ABG) itu terpaksa harus menjalani penahanan lantaran nekat mencuri burung untuk membeli ponsel Android demi bermain game Clash of Clans.
Masih terlihat murung dan mengelus wajah serta kepala, kedua remaja asal Jalan Masjid, Ciputat, Tangerang Selatan, itu mengaku menyesali perbuatannya karena telah mencuri burung murai batu milik Sarwono (50), warga RT 05/19 Perumahan Pondok Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan. Terlebih lagi, keduanya sempat menjadi "bulan-bulanan" warga saat tertangkap basah seusai sukses menggotong kandang burung murai hasil curian keluar rumah.

Nah, kalo foto ini saya cari di google yang katanya ini orang habis-habisan demi game ini .  

Semoga bisa jadi pelajaran buat anda, kalo sudah bermain jangan sampai di perbudak . Dan yang belum bermain, cari aja game lain biar tidak terjerumus kelembah tuntutan pembangunan, di hapus eman, ngga di hapus gatel. Mending biasa aja nggak usah lebayy .


ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment