Saturday, May 4, 2013

Cara Mudah Membuat Blog

Nah, kali ini saya share cara membuat blog . Artikel ini khusus saya buat untuk sobat yang masih bener2 awam sama blog, yang udah jago abaikan aja nih artikel . HEHEHEHEE.
Bagi sobat yang pemula mungkin kesulitan dalam membuat blog. Tapi sebenarnya membuat blog sema sekali tidak sulit. Gampang super gampang..
Saya membuat blog ini juga otodidak, hanya cari informasi di mbah google dan saya praktekkan. :) . Sebelumnya saya kasih tau dulu, ada banyak layanan internet untuk membuat blog gratis, ada wordpres, blogger, blogroll dll.
Tapi yang saya share ini adalah cara membuat blog di blogger.com..
Oke langsung ke pembelajaran .
  • Langkah pertama dalam membuat blog adalah harus punya akun Gmail, atau membuat semacam email tapi di google. Langkah membuat Gmail juga mudah, tinggal buka www.google.com, di bagian atas ada deretan menu, klik "Gmail" . Dan klik "Daftar" pada bagian kanan atas. Silahkan daftar akun Gmail di situ. Oke  :) .
  • Lanjut, buka www.blogger.com . Setelah terbuka, masukkan dulu alamat Gmail anda, 
  • Selanjutnya pilih Opsi profil blogger sobat, klik pilihan "buat profil blogger terbatas" (opsi kanan)



  • Selanjutnya, tulis nama tampilan suka-suka sobat dan klik "lanjutkan ke blogger". 
  • Lanjut, buat judul dan nama blog yang sobat ingiiinkan. Terkadang nama blog sudah ada yang memiliki dan otomatis nama tersebut tidak bisa digunakan, coba sampai nama blog tersedia. contoh seperti di bawah ini.


 




  • Jika sudah.  Klik "Buat blog atau Create blog".  
  • Mudah kan? Sobat sudah resmi punya blog tuhh. hehehe. Tapi tentu saja belum ada isinya dong yaa..  lanjut aja membuat postingan, klik start posting atau klik gambar pena .
  • Perhatikan langkah-langkah membuat postingan berikut ini ..
 
Nahh liat tuh nomor2nya dan baca petunjuknya :
1. Judul post atau artikel yang akan sobat buat
2. Tempat penulisan post atau artikel
3. Setelan entri, 
    Label, digunakan untuk mengkategorikan artikel sobat, misalnya kategori : misteri, teknologi, atau apalah terserah sobat. Bagian ini terserah sobat mau di atur atau di kosongkan. 
    Jadwal, digunakan untuk mengatur jadwal publikasi ; kapan artikel sobat mau di tampilkan di blog. Di atur atau tidak , no problem. 
    Tautan permanen, abaikan aja.
    Lokasi, digunakan jika sobat ingin menambahkan lokasi pembuatan artikel
    Pilihan, untuk mengatur komentar dll.
4. Di klik jika sobat ingin mempublikasikan artikel sobat
5. Klik jika sobat ingin menyimpan tanpa mempublikasikan dulu di blog, misalnya karena artikel yang sobat buat belum selesai.
6. Untuk melihat contoh tampilan artikel yang sobat buat.
7. Bagian ini untuk pengeditan kode2 HTML. Gak perlu di klik yaa, nanti malah sobat jadi bingung . :D .
Oke oke. Sekian dari saya, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar . hehehe. Salam blogger. irvan tegal, irvan share


2. Anda sudah menentukan tema blog yang akan di buat, apakah tentang kesehatan, agama, tips memasak, bisnis online, atau sekedar basa-basi (saya harap tidak), dan hendaknya anda memilih tema yang anda kuasai dan anda senangi agar anda bisa awet merawat dan mempertahankan blog tersebut 3. Pilih nama alamat blog (nama domain) yang sesuai dengan tema blog anda, singkat, mudah di eja (diketik), mudah diingat, dan termasuk kata yang sering dicari pada tema tersebut, misal anda membuat bisnis online tentang jasa pelayanan umroh, maka anda bisa menggunakan nama domain: umrohmurah.com atau umrohmurah.blogspot.com

Sumber: http://ittaqi-tafuzi.blogspot.com/2013/02/cara-mudah-membuat-blog-gratis.html

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment