Thursday, May 2, 2013

Alasan Kuat Tetap Merokok

Ada sebuah cerita antara bos perusahaan rokok dengan karyawannya.

Seorang bos perusahaan rokok di tanya oleh karyawannya.
"Pa, saya ini heran kepada bapak. Bapak punya perusahaan rokok tapi kenapa bapak sendiri tidak merokok?"
Bos tersebut menjawab enteng. "Apa kamu tidak lihat ada peringatan keras di setiap rokok yang saya jual tersebut?"
Karyawan kembali bertanya.  "Maksud bapak peringatan yang mana pak?"
Bos tersebut menjawab. "Kan udah jelas itu; Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung dll"
Karyawan kaget dan kembali bertanya. "Terus kenapa bapak menjual rokok?!!"
Bos tersebut dengan entengnya menjawab. "Ya, objek penjualan saya adalah orang-orang yang buta huruf."
........?????!!!!....

Jika anda perokok, apa respon anda membaca cerita di atas?
Tersinggung, tertawa atau apa anda yang merasakan.
Nah, banyak orang yang punya keinginan untuk berhenti merokok. Tapi nyatanya itu hanya kemauan saja. Berkali-kali ngomong ke kawan-kawannya, tapi ternyata hanya omongan saja. Toh, tetap saja dia merokok.
Tapi, di lain cerita, tidak sedikit pula yang ingin berhenti merokok dan nyatanya memang dia berhenti merokok.
Sebenarnya masalah utama tidak bisa berhenti merokok ada pada diri. Pemikiran yang salah dan perasaan yang salah menjadi hal utama kenapa tidak berhenti merokok. Berikut saya ulas beberapa alasan kuat mengapa tidak bisa berhenti merokok  : 

  • Pemikiran "Gengsi jika tidak merokok"
Mungkin alasan ini adalah alasan untuk perokok kalangan muda, perokok kalangan orang tua saya rasa tidak cocok untuk alasan ini. Tidak bisa di pungkiri, anak muda pada umumnya berfikir 'katro jika tidak merokok' atau 'tidak gaul jika tidak merokok' yang lain lagi 'bukan laki kalo tidak merokok' lebih parah lagi 'banci kalo laki tidak merokok' . Alasan-alasan tersebut menjadi alasan kuat kenapa pemuda menikmati barang 'bodol' tersebut. Awal-awal pemuda merokok mungkin dari alasan gengsi ini. Pemikiran yang salah dan bisa disebut sebagai pemikiran yang bodoh. Hanya sekedar berfikir gengsi lalu kecanduan rokok, itu hanya alasan yang bodoh.
Perokok sejati punya sejuta alasan untuk tidak berhenti merokok. Dia akan mempertahankan dengan berbagai alasan hebat untuk tetap merokok. apakah anda perokok sejati? kalau demikian pertahankanlah. Dan itu hanyalah sebuah kebodohan. 
Orang yang menasehati anda hanya akan tertawa mendengar alasan-alasan anda. Bagaimanapun rokok bukanlah hal yang perlu dipertahankan. Rokok hanyalah barang 'bodol'.


  • Merasa kuat bekerja karena rokok
Nahh.. alasan ini cocok untuk senior-senior rokokers . Saya pernah bertanya ke sahabat saya tentang sejarah awal merokok. Dia menjawab ikut teman-temannya, bukan hanya itu saja, dia menambahkan kalau rokok bisa membuatnya lebih semangat dalam bekerja. Jadi tidak loyo . dll. Apakah alasan itu benar? ya, itu alasan yang benar bagi para pecandu . Dan itulah alasan kuat untuk mempertahankan diri tetap merokok. Tapi bagaimanapun alasannya. Sehebat apapun dalam perdebatan di dunia rokok. Tetap saja kalau rokok itu bukan hal yang baik. Rokok hanyalah barang 'bodol' yang membodohi. Toh, tidak sedikit orang yang bisa merdeka dari rokok. Tidak sedikit orang yang kuat tanpa rokok.
"Perokok yang mengatakan bahwa rokok bisa membuatnya lebih semangat bekerja itu hanyalah pembodohan diri untuk menguatkan dirinya tetap merokok. Sejuta alasan yang di ungkapkan hanyalah pertahanan diri untuk tetap merokok. Dan tetap saja rokok adalah barang bodol yang tak perlu di pertahankan"

  • Merasa bahwa merokok itu seperti "Nasi sudah menjadi bubur"
Yups.. Ini dia alasan yang membuat perokok ingin berhenti tapi tetap saja tak berdaya melawan rasa haus merokok. Nasi sudah menjadi bubur, pepatah seperti ini sama sekali tidak cocok di masukkan dalam kawasan rokokers. Karena bagaimanapun dan siapapun perokok itu, tetap bisa berhenti dan bukan sesuatu yang mustahil . 
"Salah satu sahabat saya berhenti merokok karena ; mulut terasa bau dan tidak enak, mulut rasanya ingin ludah terus, gajian kerja habis untuk keperluan merokok."
"Bagaimanapun kondisi anda, keuangan anda, atau siapapun anda, dengan alasan apapun tetap rokok adalah barang bodol yang tak perlu di pertahankan. "

Masih banyak alasan-alasan kuat para pecandu rokok untuk mempertahankan diri dari debatan-debatan. :D . Tetapi bagaimanapun tetap saja rokok itu adalah barang buruk. Buruk di kesehatan, buruk di ekonomi, dll.
Lebih aman hidup tanpa rokok, tidak batuk-batuk mengerikan, ekonomi pun bisa lebih di manfaatkan. So, siapapun anda, perokok sekalipun sebenarnya sudah tahu bahwa "tuhan 9 centi" itu adalah barang buruk yang merusak tubuh, tidak bisa tidak, jika anda adalah perokok mungkin sudah mengalami beberapa efek dari rokok tersebut . Lalu untuk apa mempertahankan barang buruk tersebut dengan berbagai alasan-alasan yang membodohi diri? .


Tuh perhatikan gambar di atas, di pelajari-di resapi-di kunyah-dan STOP merokok! saya dukung anda berhenti merokok! Selamat berjuang!.


OK. Salam Sehat! Irvan-share . Irvan-tegal . :)

 



ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment