Thursday, April 25, 2013

The Meaning Of Life

Hidup. ya, siapapun anda yang membaca artikel ini pasti masih hidup . Hari ini ane buat artikel ini juga karena masih hidup. :)
Taukah anda apa maksud dari hidup ini? 
Telas jelas dari firman Allah SWT :

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui." (Surah Al-Ankabut ayat 64)

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32)

"Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu." (Surah Muhammad ayat 36).

Allah SWT dalam ayat tersebut menyebut hidup kita hanyalah senda gurau dan main-main. Memang, jika kita pahami lebih dalam dari kata tersebut maka kita akan memahami bahwa hidup kita ini bukanlah hidup yang hakiki. Hidup kita hanya sekedar permainan, dan ada dua pilihan jika kita bermain, menang atau kalah, meskipun ada pilihan ketiga, antara menang dan kalah. Namun, semuanya tetap akan tertuju pada dua pilihan menang dan kalah. Bisa dikatakan bahwa hidup kita di dunia adalah hidup palsu, kehidupan hakiki kita adalah di akherat.
Tiada lagi yang lebih penting selain berlomba menjadi pemenang dalam permainan ini. Hidup bukan hanya sekedar untuk bekerja dan menjadi kaya. Apa artinya jika dalam perjalanan "menjadi kaya" , lalu Allah dengan mudah mencabut nyawa kita ?. Di zaman ini hampir tiap manusia berlomba untuk "menjadi kaya", hal tersebut akan sangat menjadi indah jika di barengi dengan usaha menjadi "pemenang" dalam permainan hidup ini. Dan apa gunanya jika kita kaya di dunia ini, tetapi ibadah kita tinggalkan? atau mungkin kita sepelekan? .
Setiap dari kita sudah tahu bahwa kematian kita hanya Allah yang tahu. Benar kan? dan kebanyakan dari kita tetap bersantai. Benar juga kan? Lalu, di saat kita bersantai dengan kata-kata 'mumpung masih muda', Allah dengan mudah mencabut hidup kita di dunia. Jika demikian apakah kita menjadi pemenang? .

Allah SWT berfirman:
"Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Rabbnya, (mereka berkata), "Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin [Surah as-Sajdah/32:12]

Siapapun kita akan merasakan mati. Kita hidup pasti akan mati,  mati kita bukan penutup hidup kita. Masih ada hidup setelah mati. Tetapi bukan kehidupan seperti yang kita jalani sekarang . Kehidupan esok kita adalah tanggung jawab dari kehidupan saat ini. Hadiah untuk pemenang akan di berikan pada saat itu. Begitupun yang kalah.

Allah SWT berfirman: 

“Setiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati, dan Kami menguji kalian dengan kejelekan dan kebaikan sebagai satu fitnah (ujian), dan hanya kepada Kami lah kalian akan dikembalikan.” (Surah Al-Anbiya`: 35)
“Di mana saja kalian berada, kematian pasti akan mendapati kalian, walaupun kalian berada di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (Surah An-Nisa`: 78) .

Siapapun kita tidak akan pernah tahu dalam kondisi apa kita akan mati dan dimana kita akan mati. Yang perlu kita lakukan hanyalah berkonsisten dalam ketaatan. Jangan menyerah berkonsisten sampai titik akhir hidup kita.. Semoga bermanfaat . Share untuk saling mengingatkan . :)
 

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment