Sunday, April 28, 2013

Panggilan Video di Facebook

Hellooo sobat... Pengen share lagi nii... kali ini ane share tentang video call/panggilan video di fb..

Panggilan video/ video call merupakan fitur terbaru yang ada di facebook. Melalui panggilan video kita dapat berbicara dengan teman secara bertatap muka. Cara yang ditawarkan pun sangat mudah. Panggilan video dapat dilakukan dengan cara meng'klik icon video pada jendela obrolan/ chatting atau bisa juga dengan membuka profil teman dan klik "panggil" di pojok kanan atas profilnya.

Pada saat pertama kali memanggil teman, atau ketika pertama kali teman memanggil kita akan ada permintaan untuk menyelesaikan penyiapan . Cukup klik tombol “Pengaturan”, lalu ikuti petunjuk tentang cara menyiapkan panggilan video pada browser kita. Adapun browser yang dapat digunakan adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explore, dan Safari. Sedangkan panggilan video untuk Linux tidak didukung pada saat ini.

Kurang lebih seperti ini:
1. ada pemberitahuan di awal, klik "pasang"

2. akan muncul petunjuk singkat seperti dibawah ini

 3. Jalankan file yang telah terunduh, selesai..


Setelah berhasil menyelesaikan penyiapan, panggilan ke teman Anda seharusnya akan terhubung secara otomatis. Jika tidak, Anda dapat memanggil lagi dengan mengklik ikon video di bagian atas jendela obrolan Anda.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara kerjanya:
  1. Buka obrolan, klik teman online yang mau kita ajak ngobrol, di bagian kanan atas ada simbol video, tinggal di klik aja dehh...
  2. Apabila teman kita menjawab, kita mungkin harus menunggu sebentar agar panggilan kita terhubung sebelum panggilan video dimulai. Jika teman kita belum menyiapkan panggilan video, kita akan diminta untuk menunggu sampai penyiapan selesai. 
  3. Panggilan video ini tidak mengharuskan facebookers untuk menggunakan webcam dan headset sebagaimana pada Yahoo Messenger. Jika kita dan teman kita memiliki webcam dan mikrofon yang sudah disiapkan, kita dapat saling melihat dan mendengar dalam waktu nyata. Namun jika teman kita tidak memiliki webcam, mereka tetap dapat melihat dan mendengar kita, tetapi kita hanya dapat mendengar mereka.
  4. Jika teman kita tidak tersedia, kita dapat meninggalkan pesan video. Waktu dan tanggal panggilan kita yang tidak terjawab akan dicantumkan dalam pesan yang dikirim kepada teman kita.
  5. kita dapat terus menggunakan fitur obrolan dan fitur Facebook lainnya sewaktu panggilan video berlangsung. Dengan kata lain kita tetap dapat melakukan video call dan chatting dalam waktu bersamaan. Sedangkan panggilan video hanya dapat dilakukan pada satu teman.
  6. Jika panggilan gagal ada beberapa kemungkinan, bisa jadi teman kita belum siap menerima panggilan atau koneksi internet lambat. Coba dan ulangi lagi.
Berikut ini sebagian hal yang dapat kita lakukan jika mengalami masalah dengan panggilan video:
  1. Periksa webcam.
    • Pastikan program lain tidak sedang menggunakan webcam kita.
    • Periksa apakah webcam kita kompatibel dengan sistem operasi kita.
    • Unduh driver termutakhir untuk webcam Anda dari situs web produsen webcam.
  2. Gunakan perangkat lunak yang mendukung panggilan video.
    • Pastikan kita menggunakan browser yang didukung.
    • Jika menggunakan Windows, pastikan menggunakan versi terbaru Microsoft DirectX. --> ubah di http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=35
    • Perlu diperhatikan bahwa perangkat lunak antivirus tertentu, termasuk AVAST Free Antivirus, menimbulkan masalah dalam Panggilan Video.
  3. Pastikan perangkat keras kita kompatibel.
    • Untuk menjalankan perangkat lunak Skype, komputer harus menggunakan prosesor Intel Core 2GHz atau lebih cepat dengan RAM 1GB atau lebih. Banyak netbook, termasuk yang menggunakan Intel Atom, terlalu lambat untuk dapat menjalankan Panggilan Video dengan benar.
    • Mungkin kita perlu mencoba komputer lain jika komputer kita menggunakan chip yang lambat. Chip lambat meliputi CPU yang menggunakan prosesor Intel Atom, Intel Pentium D, dan AMD64.
  4. Periksa jaringan.
    • Sinyal jaringan nirkabel tertentu tidak stabil. Jika ada jaringan selain nirkabel, ada baiknya dicoba.
    • Jika menggunakan koneksi dial-up, cobalah beralih ke broadband. disarankan kecepatan 500kbps upstream dan downstream.
    • Jaringan perusahaan tertentu memblokir lalu lintas Skype, sehingga layanan perangkat lunak ini tidak dapat dijalankan sepenuhnya.

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment