Sunday, April 28, 2013

Membuat RT (Retweet) di Twitter

Yuhuu,.. kali ini ane bagi tips seputar twitter... Tips ini mungkin udah banyak yang tau... Tapi bagi pemula di twitter pastinya sedikit kebingungan bagaimana cara berbalas tweet dengan RT(retweet) di depan tweet orang lain. Nah, semoga ini bisa sedikit membantu..:p
Sebelumnya seperti kita ketahui bahwa dalam setiap status di twitter -ketika kursor mouse diarahkan- akan muncul tiga tombol interaksi yaitu: Reply, Retweet, dan Favorite.

Retweet sendiri digunakan untuk memindahkan status orang yang kita Retweet ke dalam akun/timeline kita. Retweet ini akan otomatis memindahkan tweet orang lain ke timeline kita. Berbeda dengan RT yang kita bahas kali ini. RT ini berbeda dengan Retweet seperti di atas, karena RT ini memungkinkan kita untuk mengedit atau memberi komentar terhadap tweet yang kita Retweet. RT jenis ini disebut Old Retweet Style. Dan saat ini lebih sering digunakan untuk berbalas tweet, hampir sama dengan komentar facebook (karena twitter tidak memberikan fasilitas komentar seperti facebook).


RT ( yang old style) sendiri tidak disediakan dalam twitter, namun para tweeps dapat tetap menggunakannya dengan menambahkan add-on pada browser yang kita gunakan. Caranya ( yang berikut khusus untuk  browser mozilla):

 1. aktifkan add-on GreaseMonkey. Jika para tweeps belum memiliki, bisa diambil di sini. Cara aktifasinya gampang, tinggal klik add to firefox seperti gambar di bawah, kemudian restart Mozilla:


 2. Jika sudah terinstal di browser kita, akan muncul logo GreaseMonkey pada ujung kanan atas Mozilla. Perhatikan lingkaran hitam:


Nb: jika logo GreaseMonkey berwarna buram, maka itu tandanya belum aktif, klik dua kali pada logo untuk mengaktifkan. Atau jika tidak muncul, mungkin Mozilla belum direstart. Restart dulu.
3. Setelah GreaseMonkey ditambahkan, masih ada satu penggaya lagi yang harus tweeps tambahkan pada browser. Yaitu "Non-native Retweet MOD", silakan ambil di sini. Untuk menginstalnya gampang, tinggal klik Install seperti gambar:
 

klik Instal maka akan akan mencul jendela berikut (namun pastikan GreaseMonkey sudah aktif sebelumnya):
 Lalu klik instal. Maka akan ada satu tombol tambahan pada status tweeps (ketika kursor diarahkan), yaitu RT w/C yang maksudnya, me-Retweet dengan menambahkan komentar. Seperti contoh berikut:

   

Gampang thooo...

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment